Tuesday, October 30, 2012

Manfaat Serta Khasiat Tanaman Kumis Kucing

manfaat dan khasiat tanaman kumis kucing
tanaman kumis kucing
Tanaman kumis kucing atau yang tanaman yang bernama latin Orthosiphon aristatus merupakan tanaman yang memiliki banyak khasiat yang cukup penting dalam mengobati beberapa penyakit. disebut kumis kucing karna bentuknya seperti kumis kucing. tanaman ini sangat efektif untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan penyakit batu ginjal karena mengandung bahan aktif bersifat anti radang dan memperlancar air seni karna mengandung glikosida orthosiphonin. selain berkhasiat untuk mengobati batu ginjal,  glikosida orthosiphonim juga bermanfaat untuk melarutkan asam urat, fosfat serta oksalat dari dalam tubuh.




Ciri-Ciri Tanaman Kumis Kucing ?

  • Akar
  • Tanaman ini Berakar tunggang, bentuk bulat, berkayu dan bercabang-cabang, ujung percabangan ukurannya semakin mengecil, berwarna putih kekuningan, panjangnya bisa mencapai lebih dari 25 cm. Batangnya berbentuk persegi empat agak beralur, berwarna hijau keunguan dan berdiameter sekitar 1,5 cm, bercabang-cabang dan pada ruas-ruas batang bagian bawah keluar akar.
  • Daun
  • Daun berbentuk bulat telur, lonjong, berwarna hijau, panjang < 10 cm dan lebar 3 – 5 cm. Tangkai berbentuk bulat, berwarna ungu kehijauan, atau hijau tergantung varietas. Posisi daun pada batang berhadapan dan selang-seling, tulang daun bercabang-cabang.
  • Bunga
  • Bunga dibagi 2 yaitu bunga tunggal dan bunga majemuk.
    1. Bunga tunggal berbentuk bibir, mahkota berwarna putih atau putih keunguan. Bagian atas mahkota ditutupi rambut pendek berwarna putih keunguan. Ujung helai bunga berbentuk tumpul dan bundar. Benang sari mencuat keluar menyerupai kumis kucing, karena itu dikenal dengan nama kumis kucing.
    2. Bunga majemuk keluar dari ujung percabangan, berwarna putih atau putih keunguan, panjang sekitar 7 – 29 cm dan ditutupi oleh rambut dengan panjang 1 – 6 mm, kelopak bunga berurat, pangkalnya berambut pendek dan jarang sedangkan di bagian teratas gundul.
  • Biji
  • Biji kumis kucing yang masih muda berwarna putih kehitaman dan biji yang sudah tua berwarna cokelat kehitaman. Bentuk biji bulat lonjong, berukuran sekitar 1 – mm. 

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. ini Dia Manfaat - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Bamz